Jumat, 03 Des 2021
  • SELAMAT DAN SUKSES SMAN 1 SRAGEN | SMANSA BRILIAN !!!

Pesantren Kilat 2019

Sragen – Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa-siswa SMA Negeri 1 Sragen di bulan Ramadan, Kerohanian Islam (Rohis) SMA Negeri 1 Sragen mengadakan Kegiatan Pesantren Kilat (Sanlat) yang dilaksanakan pada tanggal 27-29 Mei 2019. Kegiatan Sanlat ini berjudul “Unduh Keberkahan Block Kemaksiatan”. Kegiatan Pesantren Kilat ini diikuti oleh siswa-siswi kelas X dan XI SMA Negeri 1 Sragen.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Bagas Winerang selaku Ketua Pelaksana dan sambutan dari Ketua Rohis Bagas Satria. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua OSIS Dimas Miftakhul ‘Aziis. “Mari kita memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dalam rangka peningkatan takwa dan menjaga komitmen di bulan Ramadan,” tutur Dra. Hj. Rusni, M. PdI selaku pembina Rohis. Dilanjutkan dengan sambutan dari Pembina OSIS, Drs. Endang Sri Darmiyanti, S.Pd, M.Pd. dan ditutup dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sragen, yaitu Drs. Hj. Beti Marga Sulistyowati, M.Pd.

Acara selanjutnya adalah Tadarus Alquran yang dipandu oleh Niken Yuly P, Ryan Kunto, dan Rismawan Nur Huda. Lalu, acara dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh Arya Avif. Dilanjutkan dengan kajian yang bertemakan “Akidah dan Akhlaq” dengan Ustaz Nur Islam sebagai pembicara. Selesai kajian, seluruh peserta Sanlat melaksanakan sholat Zuhur berjamaah.

Pada hari kedua, peserta Sanlat kelas X diharuskan tiba di sekolah sebelum pukul 07.00 WIB dan langsung menuju ke lokal masing – masing yang sudah ditentukan oleh pihak panitia. Kegiatan Sanlat di hari kedua ini berlangsung di masjid dan aula SMA Negeri 1 Sragen. Kegiatan Sanlat hari kedua meliputi absen peserta Sanlat, sholat Duha, Tadarus Alqur’an, penayangan video, istirahat, kajian dengan judul “Birrul Walidain” oleh Ustadz Fudholi Aeiyadi, penampilan Dai SMA Negeri 1 Sragen yang dibawakan oleh Rafiqmia Nur Aziz dan Rahman Hakim. Dilanjutkan dengan kajian yang  kedua, kajian khusus ikhwan dari Ustaz Basyir sedangkan kajian khusus akhwat dari Ustazah Rusni dan Ustazah Pursugiyanti. Selesai kajian kedua, dilaksanakan salat Dhuhur dan absen pulang untuk kelas XI, istirahat, Kajian Tanya Jawab oleh Ustaz Tulus Hidayat, S.Pd., salat Ashar, dan MCK (Mandi Cuci Kakus).

Sore harinya setelah MCK, yaitu jam kunjung orang tua, buka puasa, salat Magrib, dan makan besar. Lalu dilanjutkan dengan salat Isya dan salat Tarawih di masjid SMA Negeri 1 Sragen yang diimami oleh Ustaz Hariyanto serta kultum dari Ustaz Teguh Pramono. Malam harinya, peserta Sanlat mengikuti kajian yang dibawakan Ustaz Tulus Hidayat di aula SMA Negeri 1 Sragen. Sanlat hari kedua diakhiri dengan tidur di lokal masing – masing.

Pada hari ketiga atau hari terakhir Sanlat, diawali dengan sahur di lokal masing-masing. Selesai sahur, dilanjutkan salat Subuh dan zikir berjamaah di masjid SMA Negeri 1 Sragen, MCK, absen peserta, dan sholat Duha. Siang harinya, peserta Sanlat mengikuti kajian yang bertemakan “Problematika Remaja” oleh Ustazah Dewi Purnamawati di aula. Dilanjutkan penayangan video dokumenter dan kajian oleh Ustaz Burhan Shodiq yang berjudul “ Pemuda Islam”. Selesai kajian dilaksanakan sholat Duhur, absen pulang bagi kelas XI, istirahat, dan bersih-bersih lokal. Acara selanjutnya di hari ketiga Sanlat yaitu Penutupan Sanlat dan pembagian door prize. Dan penghujung acara dari Kegiatan Pesantren Kilat 2019 yaitu salat Ashar berjamaah. Secara keseluruhan, Kegiatan Pesantren Kilat 2019 berjalan dengan lancar dan tertib.

Semoga Kegiatan Pesantren Kilat 2019 dapat meningkat keimanan dan ketakwaan siswa-siswi SMA Negeri 1 Sragen dan membentuk insan yang berbudi pekerti luhur sesuai dengan visi SMA Negeri 1 Sragen.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR