Kamis, 26 Mei 2022
  • SELAMAT DAN SUKSES SMAN 1 SRAGEN | SMANSA BRILIAN !!!

TUGAS AKSI NYATA MODUL 1.4.a.10.2 Oleh: Juwitasari– SMA Negeri 1 Sragen

TUGAS AKSI NYATA MODUL 1.4.a.10.2 Oleh: Juwitasari– SMA Negeri 1 Sragen

LAPORAN AKSI NYATA BUDAYA POSITIF DI SMA NEGERI 1 SRAGEN

OLEH  ;

JUWITASARI

CGP ANGKATAN KE-4

 

 1.PENDAHULUAN

Budaya positif adalah budaya yang dapat menuntun kita menjadi orang-orang yang baik. Budaya baik akan memperjelas karakter baik pada murid. Budaya baik bisa dilakukan di mana saja dan saat apa saja. Di sekolah, di rumah, di masyarakat maupun di jalan. di Sekolah budaya baik sangat banyak kita temukan oleh murid, Guru maupun warga sekolah lainnya. Tidak usah jauh-jauh kita menemukan atau kita memahami tentang budaya positif, kita mulai memperhatikan hal-hal yang kecil misalkan, Ketika kita melihat salah satu murid menyapa temannya, mengambil sampah, memberi salam dan masih banyak lagi yang dapat kita temukan. dari hal-hal kebiasaan yang terkadang kita anggap kecil jika kita merespon maka akan menjadi inspirasi atau motivasi untuk melakukan budaya baik lebih lanjut.

Disiplin budaya baik pada murid akan menumbuhkan karakter baik dan akan menipiskan karakter tidak baik yang mungkin masih muncul suatu saat. Guru dengan berkolaborasi teman sejawat, kepala sekolah bahkan semua warga sekolah sampai petugas kebersihan dapat membimbing, sebagai teladan dan memotivasi dengan praktik-praktik baik sebagai budaya disekolah.

Orang tua peserta didik menitipkan putra putrinya ke sekolah tertentu dengan tujuan mendapatkan perkembangan dan pertumbuhan potensi dasar yang dimiliki putra putrinya. Agar potensi peserta didik berkembang dengan baik, maka membutuhkan lingkungan yang baik dan budaya-budaya positif sebagai motivasi dalam menuntun perkembangannya. Budaya positif yang dapat menjadi keyakinan diri peserta didik sebagai kebutuhan, bukan hanya karena peraturan atau tata tertib di sekolah.

Alhamdulillaah saat ini SMA Negeri 1 Sragen sudah diijinkan untuk melaksanakan PTM terbatas, kesempatan inilah yang kami gunakan untuk melaksanakan pengambilan nilai budaya positif sekaligus menyegarkan dan menguatkan Kembali budaya positif yang sebenarnya sudah lama kami lakukan. Akan tetapi masih adanya satu dua peserta didik yang belum memahami atau melaksanakan pengembangan beberapa budaya positif di kelas ataupun di sekolah. Misalkan disiplin waktu masuk dan kesadaran pentingnya kerjasama menjaga kebersihan kelas. Tentunya masalah tersebut akan kami selesaikan dengan penerapan budaya positif. Harapan kami peserta didik akan meyakini bahwa peraturan atau tata tertib sekolah merupakan budaya positif yang menjadi keyakinan diri bahwa budaya positif merupakan kebutuhan untuk mengembangkan karakter yang baik.

Download disini

KELUAR