Bupati Mengajar Merawat Eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia
Kamis, 20 Jun 2024
  • SELAMAT DAN SUKSES SMAN 1 SRAGEN | SMANSA BRILIAN !!!

Bupati Mengajar Merawat Eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia

SRAGEN (08/03/2023) dalam rangka kegiatan “Bupati Mengajar Merawat Eksistensi NKRI Melalui Kegiatan Pendidikan Wawasan Kebangsaan Bagi Siswa SMA/SMK Kabupaten Sragen” yang bertempat di Aula SMA Negeri 1 Sragen. Pada acara ini, Bupati Sragen, Dandim Sragen, Kapolres Sragen, dan Siswa-Siswa Kabupaten Sragen turut diundang. Terlebih dahulu acara dibuka dengan doa bersama.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala SMA Negeri 1 Sragen yaitu Dra. Beti Marga Sulistyawati, M.Pd. Dalam sambutannya, ibu kepala sekolah juga menyampaikan bahwa pada hari ini diadakan Gelar Karya Projek ke-3. Dan setelah selesainya rangkaian kegiatan diharapkan dapat melihat atau untuk saling belajar.

Dalam kegiatan inti, Ibu dr. Hj Kusdinar Untung Yuni Sukowati selaku narasumber utama memberikan materi kepada para siswa SMA/SMK Sragen. Untuk setiap perwakilan SMA/SMK Kabupaten Sragen diminta untuk menampilkan yel-yel sekolah terbaik mereka. Memasuki point pentingnya yaitu “Mengimplementasikan Pancasila Dalam Kehidupan”, serta mempunyai manfaat yaitu menjadikan bangsa Indonesia yang kokoh. Karena jajahan terbaru dalam era milenial ini adalah bersumber dari teknologi yaitu media sosial.

“Kalian boleh melihat film apapun, tetapi harus bisa mengambil sari pati (manfaat) dari film tersebut,” kata Bupati Sragen. Sumber daya manusia yang baik dapat diperoleh dengan tiga cara yaitu pendidikan, pendidikan, dan pendidikan. Sehingga jangan mudah terpengaruh oleh kehidupan hedonisme, narkoba, maupun seks bebas, karena hal tersebut akan menghancurkan Negara Indonesia tercinta.

Materi selanjutnya akan disampaikan oleh Polres Sragen yaitu Bapak AKP Siswanto berkaitan dengan narkoba dan kenakalan remaja, serta tiga kunci sukses yaitu disiplin, berbakti kepada orang tua, dan berdoa sesuai agama dan kepercayaannya.

Selanjutnya, materi yang terakhir disampaikan oleh Dandim Kodim Sragen yaitu Bapak Kapten Teguh Prihatin yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan. Terdapat empat pilar yang harus dijunjung yaitu Pancasila, NKRI, Undang Undang 1945, dan Bhineka Tunggal Ika. Adapun pesan penting untuk diingat adalah kita harus tulus ikhlas belajar meraih cita-cita yang sudah dicita-citakan.

Sehingga, setelah adanya kegiatan tersebut diharapkan siswa siswi dapat memperoleh manfaat dan juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mengimplementasikan nilai Pancasila, tidak mudah terpengaruh hal negatif, disiplin, tanggung jawab, dan lain sebagainya.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR