Kamis, 26 Mei 2022
  • SELAMAT DAN SUKSES SMAN 1 SRAGEN | SMANSA BRILIAN !!!

Sosialisasi Pemilihan Mata Pelajaran dalam Kurikulum Sekolah Penggerak oleh SMA Negeri 1 Sragen

Sragen (20/1/2022) SMA Negeri 1 Sragen sebagai salah satu sekolah penggerak di Kabupaten Sragen melaksanakan sosialisasi kepada peserta didik kelas X yang didampingi orang tua/wali masing-masing. Sosialisasi kali ini memberikan informasi mengenai mata pelajaran pilihan yang nanti akan diambil oleh peserta didik.

Kurikulum Sekolah Penggerak adalah program Merdeka Belajar yang diluncurkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim. Pembelajaran yang dilakukan kepada peserta didik kelas X menggunakan kurikulum sekolah penggerak. Kurikulum tersebut menerapkan semua mata pelajaran wajib dipelajari oleh peserta didik yang nantinya ketika naik di kelas XI peserta didik akan memilih mata pelajaran sesuai bakat dan minat. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Endang Wahyuni, M.Pd. “putra-putrinya sekarang sudah semester 2 sebentar lagi naik kelas, disinilah peran Bapak/Ibu diperlukan untuk menentukan masa depannya mau menjadi apa. Kurikulum sekolah penggerak tidak ada pembagian kelas MIPA, IPS, dan Bahasa jadi mulai kelas X ini harus segera ditentukan.” Ujarnya dalam memberikan arahan. Di kelas XI dan XII, peserta didik bisa memilih mata pelajaran dari kelompok pilihan mata pelajaran dari minimum 2 kelompok pilihan hingga syarat minimum jam pelajaran terpenuhi, total 40 jam per minggu dan jam pelajaran untuk mapel pilihan adalah 22 jam per minggu.

Ada 5 kelompok mata pelajaran yang direkomendasikan, yaitu, MIPA (matematika peminatan, fisika, kimia, biologi, informatika), IPS (ekonomi, sosiologi, geografi, antropologi), BB (bahasa dan sastra Indonesia, bahasa dan sastra Inggris, bahasa asing lainnya), vokasi/karya kreatif (budidaya, rekayasa, dan sebagainya), dan seni-olahraga (sekolah yang ditetapkan pemerintah).

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR