Bentuk Jiwa Pemimpin Para Anggota MPK melalui Latihan Kepemimpinan Dasar
Senin, 05 Des 2022
  • SELAMAT DAN SUKSES SMAN 1 SRAGEN | SMANSA BRILIAN !!!

Bentuk Jiwa Pemimpin Para Anggota MPK melalui Latihan Kepemimpinan Dasar

SRAGEN — Satu dari sekian organisasi kesiswaan SMA Negeri 1 Sragen, yaitu Majelis Perwakilan Kelas atau yang biasa disebut dengan MPK mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) tahun 2021/2022. LDK MPK yang bertema “Lead Yourself to be A Great Leader” ini diadakan selama 2 hari berturut – turut, yakni pada hari Sabtu (11/12/2021) dan Minggu (12/12/2021). Tak sedikit agenda yang dilakukan selama kegiatan LDK kali ini.

Pada hari pertama, dihadirkan beberapa narasumber yang membagi ilmunya kepada para anggota MPK yang hadir pada ruang multimedia kala itu, seperti Ibu Endang Sri Darmiyanti, S. Pd., M. Pd. yang membagikan ilmu mengenai kepemimpinan serta tindakan menolak aksi perundungan (bullying). Tak ketinggalan pula Bapak Fudholi Ariyadi, S. Pd.I yang juga membagi ilmu mengenai kepribadian diri dan Ibu Nur Alviyanti Fauzi, S. S., M. Pd. mengenai surat – menyurat serta yang menjadi tema utama, yakni “Lead Yourself To Be A Great Leader” yang berarti “tuntun dirimu menjadi pemimpin yang hebat”.

 

Berbeda dengan hari pertama yang berupa pematerian, pada hari kedua diadakan outbound untuk para anggota MPK. Kegiatan outbound diawali dengan apel kemudian pemberian arahan oleh panitia. Para anggota dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyelesaikan berbagai macam games/permainan seperti bakiak dan tes pengetahuan umum di setiap posnya. Para anggota MPK juga melakukan pentas seni yang berupa drama, menari, dan menyanyi sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan sebelumnya. Di bagian akhir, hadiah diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada kelompok yang terbaik. Sesi foto bersama menjadi penutup outbound sekaligus LDK MPK tahun 2021/2022.

Sesuai namanya, kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan berfungsi untuk melatih dan meningkatkan kepemimpinan sehingga mampu mengatur diri sendiri dan orang lain dalam mencapai tujuan. Selain itu, juga untuk meningkatkan kedisiplinan, kerja sama, dan perasaan saling menghargai antar sesama. Harapannya, ilmu serta pengalaman yang didapat dari kegiatan LDK ini dapat memberikan manfaat terutama bagi para anggota MPK yang berpartisipasi tidak hanya dalam kehidupan sekolah, tetapi juga kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR