Sabtu, 27 Nov 2021
  • SELAMAT DAN SUKSES SMAN 1 SRAGEN | SMANSA BRILIAN !!!

Pesantren Ramadhan 2018

Sragen – Dalam rangka membina dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa siswa SMA Negeri 1 Sragen di bulan ramadhan, Kerohanian Islam (Rohis) SMA Negeri 1 Sragen mengadakan kegiatan pesantren kilat (Sanlat) yang dilaksanakan pada tanggal 4 Juni sampai dengan 6 Juni 2018 atau tiga hari satu malam. Kegiatan sanlat ini mengambil judul “Jalani Bulan Suci Gapai Ridho Illahi”. Pembawa acara dalam kegiatan ini adalah Wonda Anggoro dan Zaki Anwar. Kegiatan pesantren kilat ini diikuti oleh siswa-siswi kelas X dan kelas XI SMA Negeri 1 Sragen.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Alfiansyah Pratama Aji selaku Ketua Rohis SMA Negeri 1 Sragen, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Osis SMA Negeri 1 Sragen oleh Dimas Mifthakhul, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Pembina Rohis oleh Dra. Hj. Rusni, M.Pd.I, yang mengatakan untuk memanfaatkan kegiatan tersebut dengan sebaik – baiknya dalam rangka peningkatan taqwa dan jaga komitmen dalam bulan Ramadhan, dilanjutkan sambutan dari Pembina Osis oleh Drs. Moh. Sarjoko E. P, dan ditutup dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sragen oleh Drs.Paidi, M.Pd. Acara selanjutnya adalah Tadarus Al-Qur’an yang dipandu oleh Bagas Winerang, Ryan Kunto, dan Rismawan Nur Huda. Lalu, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kabupaten Sragen oleh Bpk.Humaidin dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sragen dan acara pada hari pertama ditutup dengan Sholat Dhuhur.

Pada hari kedua, peserta sanlat kelas X diharuskan tiba di sekolah sebelum jam tujuh dan langsung menuju ke lokal masing – masing yang sudah ditentukan dan dibagi sebelumnya. Kegiatan sanlat di hari kedua ini berlangsung di masjid dan di aula SMA Negeri 1 Sragen. Acara diawali dengan absen peserta sanlat dan sholat Dhuha, kemudian dilanjutkan kajian dengan judul “Memelihara Keutuhan Iman Di Akhir Zaman” oleh Ustadzah Dewi Purnamawati, M.PI, dilanjutkan dengan Tadarus Al-Qur’an, penayangan video, istirahat, kajian dari Ustadz Fudholi Ariyadi, S.Pd.I yang diberi judul “Hormat Kepada Orang Tua”, Sholat Dhuhur dan absen pulang bagi kelas XI, istirahat, kajian tanya jawab oleh Ustadz Tulus Hidayat, S.Pd, Sholat Ashar, MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dan jam kunjung orang tua, buka puasa, sholat Maghrib dan makan besar, lalu dilanjutkan dengan Sholat Isya’ dan Sholat Tarawih di Masjid SMA Negeri 1 Sragen yang diimami oleh Ustadz Muhammad Basyir Nugroho, S.Pd.I serta kultum dari Ustadz Teguh Pramono, kemudian dilanjutkan dengan penayangan video dan kajian dari Ustadz Salman Al Farizi di aula. Lalu, acara pada hari kedua diakhiri dengan tidur di lokal masing – masing.

Pada hari ketiga atau hari terakhir dalam kegiatan ini, kegiatan sanlat diawali dengan sahur di lokal masing – masing, dilanjutkan dengan persiapan sholat shubuh dan sholat shubuh berjamaah di masjid, lalu dilanjutkan dengan MCK, absen dan sholat Dhuha, lalu kajian yang berjudul “Adab – adab bersahabat sesuai dengan tuntunan Islam” oleh Ustadz Tulus Hidayat di aula, istirahat, kajian oleh Ustadz Burhan Shodiq, sholat Dhuhur di masjid dan absen pulang bagi kelas XI, istirahat, sharing – sharing dan bersih – bersih, tadarus Al-Qur’an, pembagian hadiah oleh panitia. Dan penghujung acara dari kegiatan pesantren kilat pada tahun 2018 ini diakhiri dengan sholat Ashar berjamaah di masjid SMA Negeri 1 Sragen. Secara keseluruhan, kegiatan pesantren kilat tahun 2018 ini berjalan dengan lancar dan tertib.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR