Kamis, 26 Mei 2022
  • SELAMAT DAN SUKSES SMAN 1 SRAGEN | SMANSA BRILIAN !!!

Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Kurikulum Merdeka SMA Negeri 1 Sragen

Sragen (11/04/2022) Peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sragen melaksanakan kegiatan proyek dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan topik “Lestari Bumiku, Lestari Hidupku”. Proyek yang dilaksanakan merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka di dalam Program Sekolah Penggerak.

Kegiatan proyek merupakan lanjutan dari tema sebelumnya yaitu kewirausahaan. Pada kegiatan sebelumnya peserta didik telah belajar berwirausaha di SMK Negeri 1 Kedawung. Proyek kali ini melanjutkan apa yang telah dipelajari seperti membuat pelet pakan ikan, pengomposan, dan bercocok tanam. Anis Miftakhul Rokhmah, M.Pd. selaku Ketua Proyek “proyek merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum Merdeka, dalam kegiatan ini peserta didik harus memilih salah satu kegiatan sebagai pengembangan diri. Pembelajaran tidak hanya dilakukan didalam kelas namun mereka semua harus praktik dilapangan sesuai pilihannya. Hari ini ada yang membuat kompos, pelet ikan dan ada yang menyiapkan media tanam” ujarnya ketika ditemui. Kegiatan proyek berlangsung selama 3 minggu seluruh peserta didik harus menyelesaikan proyek masing-masing sesuai kelompoknya. Didalam kegiatan guru berperan menjadi fasilitator dan motivator sehingga pembelajaran berpusat pada peserta didik.

Kegiatan proyek yang ada pada kurikulum merdeka sebagai bagian dari program Sekolah Penggerak diharapkan dapat mendorong peserta didik aktif sesuai minat dan bakatnya. Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR