Jumat, 03 Des 2021
  • SELAMAT DAN SUKSES SMAN 1 SRAGEN | SMANSA BRILIAN !!!

KEMITRAAN DAN PELATIHAN USAHA BATIK SMA NEGERI 1 SRAGEN

Pada hari Minggu, 7 Oktober 2013, SMA Negeri 1 Sragen diundang dalam acara Kemitraan dalam Pelatihan Usaha Batik yang bertempat di Dusun Kliwonan, Desa Pilang, Kecamatan Masaran, Sragen. Acara ini dihadiri oleh seluruh siswa kelas X Sosial 1, X Sosial 2, serta beberapa perwakilan dari kelas XI SMA Negeri 1 Sragen. Acara ini didampingi oleh Ibu Wartitik dan Bapak Suwamto sebagai pemilik dari usaha batik ini.

Acara ini bertujuan untuk menambah pengetahuan bagi siswa bahwa batik adalah budaya asli Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO dan harus dilindungi. Selain itu acara ini juga bertujuan untuk kemitraan bagi siswa dalam pelatihan usaha batik. Batik sendiri yaitu peroses penulisan gambar atau ragam hias pada media apapun dengan menggunakan lilin batik (wax atau malam) sebagai alat perintang warna.

Proses pembuatan batik dimulai dari pembuatan pola batik diatas kain putih, pembuatan pola dibuat menggunakan pensil untuk meminimalisir dan memperbaiki apabila terjadi kesalahan. Proses selanjutnya yaitu pemberian lilin/malam dengan canting pada pola yang dibuat dengan pensil. Setelah pola tertutup sempurna proses selanjutnya yaitu pemberian warna dengan dicelup dengan warna dasar secara berulang agar hasil maksimal dan proses terakhir yaitu penjemuran.

Secara keseluruhan acara ini berlangsung dengan baik dan lancar.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR