Jumat, 03 Des 2021
  • SELAMAT DAN SUKSES SMAN 1 SRAGEN | SMANSA BRILIAN !!!

HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR SMA NEGERI 1 SRAGEN TAHUN 2011

Setelah sebulan menjalankan ibadah puasa ramadhan, umat islam merayakan kemenangan di hari raya idul fitri 1432 H ini. Idul Fitri memiliki arti kembali kepada kesucian, atau kembali ke asal kejadian. Idul Fitri diambil dari bahasa Arab, yaitu fithrah, berarti suci.  Dan dalam kenyataannya, perjalanan hidup manusia senantiasa tidak bisa luput dari dosa. Karena itu, perlu upaya mengembalikan kembali pada kondisi sebagaimana asalnya. Itulah makna Idul Fitri. Dosa yang paling sering dilakukan manusia adalah kesalahan terhadap sesamanya. Seorang manusia dapat memiliki rasa permusuhan, pertikaian, dan saling menyakiti. Idul Fitri merupakan momen penting untuk saling memaafkan, baik secara individu maupun kelompok.

Budaya saling memaafkan ini lebih populer disebut halal-bihalal. Fenomena ini adalah fenomena yang terjadi di Tanah Air, dan telah menjadi tradisi di negara-negara rumpun Melayu. Ini adalah refleksi ajaran Islam yang menekankan sikap persaudaraan, persatuan, dan saling memberi kasih sayang.
Halal Bihalal bersama Siswa-Guru dan Karyawan.
Hal itulah yang juga dilakukan di SMA N I Sragen, momen hari pertama masuk sekolah tanggal 6 September 2011, setelah liburan ramadhan dan hari raya digunakan untuk saling bermaaf-maafan antar seluruh warga sekolah. Para siswa diwakili oleh Ketua OSIS (Yusuf Cahya Mahardika)dan para guru dan karyawan diwakili oleh Bapak Suyoto, S.Pd.
Halal Bihalal Guru/Karyawan dan mantan KS/Guru/Karyaan beserta keluarganya.
Dimulai pukul 10.00 bertempat di Aula SMA N 1 Sragen, diselenggarakan acara HALAL BIHALAL yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Bapak/Ibu Guru dan Karyawan beserta suami/isteri serta mengundang Bapak/Ibu mantan Kepala Sekolah, dan Guru/ Karyawan yang telah purna, demikian disampaikan Drs. Sutomo selaku ketua penyelenggara acara ini. Setelah laporan ketua penyelenggara, dilanjutkan :
Sambutan Kepala Sekolah ( Drs. Agus Suhono, M.Pd) : mengajak untuk saling memaafkan dan membuka lembaran baru dengan penuh semangat dalam memajukan Sekolah kita tercinta ini.
Sambutan Pengurus  Komite Sekolah (Bapak Suparmin, MM) : berharap semoga momentum Idul Fitri ini membawa semangat baru dalam mengantarkan SMA N 1 Sragen dari R-SBI menjadi SBI.
Sambutan wakil sesepuh sekolah ( Bapak H. Dibdyo Sarono): merasa bangga dengan apa yang telah dicapai oleh SMA N I Sragen, dan selalu mendoakan agar di masa-masa yang akan datang bisa menjadi lebih maju lagi
Ikrar Halal Bihalal (Dr. Sumardi.) : dengan suasana penuh khitmat, semua yang hadir dipandu untuk mengucapkan ikrar memohon dan memberi maaf diantara satu dengan yang lain dengan penuh rasa ihlas.
Hikmah Halal Bihalal
Tauziah tentang hikmah halal bihalal disampaikan oleh Ustadz drs. H. Munawir Ahmad, M.Ag, yang dalam  paparan materinya disampaikan antara lain :
Kita harus bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan tugas dan kewajiban kita. Jangan mengharapkan sesuatu yang di luar jangkauan dan kemampuan kita. Akan tetapi kita juga harus tetap berusaha untuk mengejar cita-cita dan keinginan kita, dan jangan lupa diiringi dengan doa kepada Allah swt.
Pada akhir isiannya Mubaligh mengajak untuk memingkatkan ibadah setelah Idul Fitri agar kita termasuk orang yang meningkat dan menjadi orang yang bertaqwa.
Pada kesempatan ini juga dilakukan penyampaian cenderamata kepada bapak ibu guru yang baru saja purna tugas, yakni Bapak Drs. Sugiharto dan Ibu Alva Tiastati, BA. Cenderamata dari sekolah dan paguyuban SMA N 1 Sragen ini diberikan sebagai kenang-kenangan tanda terima kasih atas pengabdian dan jasa beliau setelah sekian lama mengajar di sekolah ini.
Acara ditutup dengan do’a dan salam-salaman.

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR