Lelah sebagai Media Pengerat Solidaritas

SRAGEN-Telah diadakan hiking pada 14 Oktober 2017 yang dipanitiai oleh Dewan Ambalan Pramuka dan Dewan Kerja PMR (DADK) SMA N 1 SRAGEN. Hiking ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan didampingi kelas XI, serta perwakilan tiap organisasi yang ada di SMA N 1 Sragen.Pada pukul 05.00 WIB para peserta telah berkumpul dilapangan basket SMA N 1 Sragen, untuk mendengarkan pengarahan dari ibu Marni sebagai pembina ekstrakurikuler pramuka dan PMR, lalu dilanjutkan dengan sarapan. Perjalanan hiking dimulai pada pukul 07.30 WIB di Telaga Madirda dan berakhir di air terjun Parang Ijo pada pukul 16.30 WIB lalu kembali ke sekolah dan tiba pukul 17.30 WIB. Dalam hiking kali ini,  SMA N 1 Sragen menyewa 15 bus dan dua truk untuk membawa rombongan menuju Telaga Madirda sebagai tempat dimulainya perjalanan.

Dalam acara hiking, dibentuk setiap trep (kelompok) yang didampingi oleh 1 orang pendamping dari kelas XI. Dan pada kali ini dibentuk 30 tribe atau kelompok. Dalam perjalanannya, para peserta melewati area yang telah di survei sebelumnya oleh pihak panitia. Area yang dilewati yaitu area perbukitan, area perkebunan warga, dan area perkampungan warga. Disetiap perjalanan terdapat beberapa pos yang setiap pos memiliki permainan tersendiri dan harus diselesaikan oleh semua tribe. Ditempat finish, para siswa mendapatkan nasi sebagai pengganti lelah selama perjalanan, lalu mereka dapat menikmati keindahan air terjun Parang Ijo, melepas lelah dan melakukan swafoto. 

Perjalanan yang panjang dan medan yang berat diharapkan mampu membentuk fisik siswa siswi kelas X menjadi lebih kuat, dan juga panorama yang indah serta permainan yang diadakan panitia diharapkan mampu menjadi media rekreasi tersendiri bagi siswa. Yang paling penting dalam acara ini adalah dengan saling membantu dan menolong di sepanjang perjalanan diharapkan mampu meningkatkan solidaritas antar siswa. 



English FrenchJapanese